Seriping pisang adalah produk makanan ringan dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang ...

Seriping Pisang Buniayu

Seriping Pisang Buniayu

Seriping Pisang Buniayu

8 10 99


Seriping pisang adalah produk makanan ringan dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Tujuan pengolahan pisang menjadi seriping pisang adalah untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan/memperpanjang kemanfaatan buah pisang. Rasanya gurih manis membuat banyak orang menyukainya, apalagi rasa pisangnya harum cocok dinikmati dengan secangkir teh ataupun kopi hangat. Buah pisang ini berasal dari Asia Tenggara dan disebarkan ke negara-negara lain seperti Afrika Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Kini, Indonesia, Thailand, India, Hawaii, hingga Karibia merupakan negara-negara penghasil pisang terbesar di dunia.
Buah pisang tak mengenal musim dan pohonnya mudah dibudidayakan. Hal ini dikarenakan pohon pisang selalu melakukan regenerasi sebelum berbuah atau mati. Tunas-tunas baru akan tumbuh secara berkala di setiap bonggol pisang. Karena itulah hingga kini pisang sangat mudah ditemui dan menjadi makanan olahan yang favorit. Tidak semua jenis pisang dapat diolah menjadi keripik ataupun sale. Pisang raja nangka, tanduk, dan kapas merupakan jenis pisang yang dapat diolah menjadi keripik Pisang ini memiliki kulit buah berwarna hijau walaupun sudah matang serta kulit buahnya agak tebal dengan buah yang berukuran besar. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aromanya harum.

Seriping pisang memiliki tekstur yang renyah dan enak, keripik pisang ini berasal dari Buniayu. Kini anda sudah sangat mudah mendapatkan olahan pisang ini di berbagai daerah di Indonesia. Seriping pisang terbuat dari pisang mengkal yang diiris tipis dan direndam dengan air kapur kemudian digoreng. Seriping pisang biasanya diolah dengan rasa asin beraroma bawang yang gurih. Selain asin, ada juga seriping pisang yang dibuat dengan campuran gula yang sudah dikaramelisasi untuk harga seriping pisang dari Buniayu ini sekitar Rp 8.000 per bungkus.




0 komentar: